Jumat, 28 Desember 2012

Menyongsong Tahun 2013


MENYIKAPI PERGANTIAN TAHUN
Waktu berjalan dan akan terus berjalan, tahun 2012 akan berakhir dan kita akan memasuki tahun 2013. Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menyambut datangnya tahun baru. Bagi ummat Islam sejatinya harus bijak dan tepat dalam menyikapi setiap pergantian tahun.
Sekurang-kurangnya ada empat hal yang perlu dilakukan seorang muslim dalam menyikapi pergantian tahun.
Pertama: Bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikanNya kepada kita. Diantaranya adalah umur yang sampai saat ini masih diberikannya kepada kita dan insya Allah dapat pula sampai kepada tahun 2013 yang sebentar lagi akan hadir dalam kehidupan kita.
Kedua: Melakukan “Muhasabah” (intropeksi diri). Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kita melaksanakan perintah Allah atau menjauhi laranganNya. Kita seharusnya dapat mengoreksi diri sendiri dan selanjutnya hati nurani kita akan menyimpulkan apakah hidup yang dijalankan selama ini sudah baik atau tidak. Manakala hati nurani mengatakan masih banyak keteledoran dan kekurangan dari hal-hal yang baik, maka diharapkan kedepannya akan berupaya untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Dengan demikian, oriantasi kehidupan akan selalu terarah kepada nilai-nilai yang positif.
Ketiga: Membersihkan diri dari segala prilaku yang mendatangkan hal-hal yang negatif. Berbagai peristiwa kita alami dalam kehidupan ini. Ada yang menyenangkan, ada pula yang menyedihkan, terkadang kita kurang arif dalam menyikapinya, bahkan tidak jarang menjurus kepada sikap yang mendatangkan dosa. Untuk itu, kita perlu membersihkan diri dari segala sikap yang tidak baik agar tidak terulang berbuat dosa.
Keempat: Optimis dalam menatap masa depan sembari berusaha secara maksimal yang dibarengi dengan berdoa kepada Allah SWT., agar apa yang dicita-citakan berwujud kesuksesan dan keberkahan. Karena itu, jangan pernah berputus asa, tapi optimislah dalam kehidupan.
Semoga tahun 2013 yang akan kita hadapi bisa kita isi dengan nilai-nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
امـِـيْــنَ يَـا رَبَّ الـْعـَالـَمِـيْـنَ

Tidak ada komentar: