Selasa, 25 Januari 2011

CONTOH TELADAN DARI AKHLAK MULIA NABI MUHAMMAD SAW

 
Suatu hari Rasulullah SAW didatangi seorang wanita kafir. Ketika itu Rasulullah bersama beberapa orang sahabat. Wanita itu membawa beberapa buah jeruk sebagai hadiah untuk Rasulullah. Jeruk yang dibawa wanita kafir tadi sangat bagus kelihatannya, Siapa yang melihatnya pasti akan tergiur.
Rasulullah menerima hadiah jeruk tersebut dengan senyum gembira. Hadiah itupun dimakan oleh Rasulullah seulas demi seulas dengan tersenyum. Biasanya Rasulullah akan makan bersama para sahabat, namun kali ini tidak. Tidak seulas pun jeruk itu diberikan kepada mereka. Rasulullah SAW terus memakannya. Dan setiap kali Rasul memakan seulas, setiap kali itu pula Rasul tersenyum, sehingga jeruk tersebut habis di makan Rasul sendiri.
Setelah itu wanita tadi meminta izin untuk pulang, Rasulpun memberi izin sembari  mengucapkan terima kasih atas hadiah yang sudah diberikan. Sahabat-sahabat agak heran dengan sikap Rasulullah yang memakan jeruk tadi hanya sendirian tanpa membagi-bagikannya kepada sahabat yang hadir saat itu. Lalu mereka bertanya, kenapa anda makan sendiri jeruk itu ya Rasul…? Dan tidak biasanya anda bersikap seperti itu…..!
Dengan tersenyum Rasulullah SAW menjelaskan "Tahukah kamu, sebenarnya buah jeruk itu terlalu masam saat saya merasainya tadi. Andai kalian ikut memakannya, saya khawatir ada di antara kalian yang akan mengerutkan wajah dan mata karena asamnya jeruk itu, aku khawatir kalian memarahi wanita tersebut dan membuat hatinya tersinggung. Sebab tu saya habiskan semuanya.
Begitulah akhlak Rasulullah SAW. Baginda tidak akan mengecilkan pemberian seseorang walaupun pemberian itu tidak baik, dan dari orang yang bukan beragama Islam.
Wanita kafir itu pulang dengan hati yang kecewa. Mengapa? Sebenarnya dia bertujuan ingin mempermainkan Rasulullah SAW dan para sahabat baginda dengan hadiah jeruk yang masam itu. Malangnya dia tidak berhasil, sebab rencananya dikalahkan oleh akhlak mulia Rasulullah SAW.

Tidak ada komentar: