Rabu, 08 Desember 2010

Enam Persimpangan

Enam Persimpangan
Drs. H. Khairul Akmal Rangkuti

Abu Bakar r.a. berkata, Sesungguhnya iblis berdiri di depanmu, jiwa di sebelah kananmu, nafsu di sebelah kirimu, dunia di sebelah belakangmu, semua anggota tubuhmu berada di sekujur tubuhmu, sedangkan Allah berada di atasmu.  Sementara iblis terkutuk mengajakmu meninggalkan agama, jiwa mengajakmu ke arah maksiat, nafsu mengajakmu memenuhi syahwat, dunia mengajakmu untuk meninggalkan kepentingan akhirat, anggota tubuh mengajkmu untuk berbuat dosa, sementara Allah mengajakmu masuk syurga serta mendapatkan ampunannya.
Siapa yang memenuhi ajakan iblis, maka hilanglah agama darinya, siapa yang memenuhi ajakan jiwa maka hilang darinya nilai nyawanya, siapa yang memenuhi ajakan nafsunya maka hilanglah akal sehatnya, siapa yang memenuhi ajakan dunia maka hilanglah akhirat dari dirinya, siapa yang memenuhi ajakan anggota tubuhnya maka hilanglah syurga dari dirinya, dan siapa yang memenuhi ajakan Allah swt. Maka hilanglah dari dirinya semua kejahatan dan dia akan memperoleh semua kebaikan.
Iblis laknatullah adalah musuh manusia, sementara manusia adalah sasaran iblis, oleh sebab itu hendaknya manusia senantiasa waspada terhadap iblis, sebab iblis senantiasa melihat tepat pada sasarannya.
Allah berfirman dalam Al-Qur’an  Surat  Al-Baqoroh : 208  .
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ ادْخُلُواْ فِي السِّلْمِ كَآفَّةً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.


Tidak ada komentar: