Jumat, 28 Oktober 2011

Syi’ar Agama Islam Di Bulan Dzulhijjah


Syi’ar Agama Islam Di Bulan Dzulhijjah
Berdasarkan hitungan Kalender Hijriyah, hari ini ( jum’at 28 Oktober 2011) bersesuaian dengan tanggal 1 Dzulhijjah 1432 H. Pada bulan Dzulhijjah ini banyak terdapat syi’ar-syiar agama Islam, diantaranya:
Pertama: Adanya perintah Allah bagi ummat Islam yang mempunyai kemampuan untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah Al-Mukarromah. Adapun dalil dari perintah haji ini tertuang dalam firman Allah pada surat Ali Imron: 97 .
وَلِلّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ ………
“ …….. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam “.

Kedua: Adanya perintah Allah dan Rasulnya bagi orang-orang yang mampu untuk menyembelih binatang Qurban, yang dijadikan sebagai upaya untuk beribadah kepada Allah. Dalam hal ini Allah berfirman pada surat Al-Kautsar: 1-3.  إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ  فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ  إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni`mat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus”.
Berkenaan dengan perintah berqurban ini, para Ulama’ berbeda pendapat mengenai hokum berqurban tersebut. Ada yang berpendapat wajib dan ada yang berpendapat sunnat muakkad.

Ketiga: Disunnatkan berpuasa pada bulan Dzulhijjah pada hari-hari yang dilalui di awal bulan ini. Bagi yang mampu sebaiknya dimulai sejak tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah. Namun bagi yang merasa berat, minimal berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Keempat: Disyari’atkan untuk melaksanakan shalat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah, baik di Masjid-Masjid maupun di lapangan.

Kelima: Pada bulan Dzulhijjah dikenal adanya hari-hari tasyrik, yang padanya disunnatkan bagi ummat Islam untuk bertakbir sesudah pelaksanaan shalat-shalat fardhu. Hari-hari tasyrik yang dimaksud adalah tanggal, 11,12 dan 13 Dzulhijjah, dan pelaksanaan takbir berakhir setelah selesai pelaksanaan shalat ashar pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Mari kita laksanakan syi’ar-syi’ar agama Allah di bulan Dzulhijjah ini, semoga Allah memberi keridhaannya kepada kita.
امـِـيْــنَ يَـا رَبَّ الـْعـَالـَمِـيْـنَ


Tidak ada komentar: