Minggu, 06 November 2011

INFO HAJI

Makkah - Jamaah haji saat ini terkonsentrasi di tenda-tenda tahan api di Mina - 5 km dari pusat Makkah - untuk prosesi lempar jumroh, Minggu (6/11/2011). Jamaah dari luar Arab Saudi tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.
Menurut Putra Mahkota Pangeran Naif Bin Abdul Aziz yang menjabat sebagai Wakil Menteri Utama, Mendagri serta Ketua Komite Haji, sebanyak 1.828.195 jamaah datang dari luar Saudi. Angka ini meningkat 27.274 dibanding tahun lalu.
Dari jumlah itu, 989.776 (54%) adalah pria, sedangkan 838.419 perempuan. Demikian diberitakan Saudi Gazette.
Naif menuturkan, sebanyak 1.684.876 jamaah datang menggunakan pesawat udara, 128.350 lewat darat, 14.969 lewat laut, berasal dari 183 kewarganegaraan.
Dari jumlah itu, tentu saja Indonesia menduduki ranking pertama sebagai negara yang mengirim delegasi terbanyak yaitu lebih dari 222 ribu orang.
Naif tak menyebutkan berapa banyak warga lokal Saudi yang berhaji, namun berita sebelumnya menyebutkan berjumlah sekitar 800 ribu orang.
Berhaji adalah kebahagiaan tersendiri yang tak terkira. "Bagi saya, ini adalah sebuah keajaiban. Saya bertahun-tahun bermimpi pergi haji, dan sekarang mimpi itu terwujud," kata Salahuldin Mohammed (67) dari Nigeria.
"Saya tidak percaya hari H telah tiba ketika saya dapat melihat tempat suci. Ini adalah kali pertama saya berhaji," ujar Mohammed Sadoreen (58) dari Palestina.
Napiah dari Cirebon juga merasakan semangat spiritual di Tanah Suci. "Setiap salat di sini saya menangis, ingat dosa-dosa saya," ungkapnya pada detikcom sembari menitikkan air mata.
http://www.detiknews.com/read/2011/11/06/184417/1761426/10/jamaah-haji-asing-tahun-ini-lebih-banyak-berasal-dari-183-negara#queryString#

Tidak ada komentar: